Tips Mudik Untuk Anak Kost

Sekarang sudah memasuki akhir bulan Ramadhan, dan tentunya aroma-aroma mudik pun sudah tercium. Kami akan memberikan sedikit tips mudik untuk anak kost, menambah dafar tips-tips mudik yang sudah sobat baca sebelumnya.
  1. Mulai dari sekarang, tentukan transportasi apa yang akan sobat gunakan untuk mudik. Travel, bus, pesawat, kereta, kapal, atau mudik dengan menggunakan motor. Segeralah memesan tiketnya, karena saat ini pun sudah banyak bangku yang sudah dipesan oleh para pemudik lain. Biasanya juga makin mendekati hari H, harga tiket makin mahal. Berdasarkan hukum anak kost yang super duper hemat, jadi pesanlah tiket dari sekarang. Selain murah, sobat juga bisa menentukan dimana akan duduk.
  2. Selesaikan semua kerjaan sobat secepat mungkin, baik itu kerjaan kuliah/kampus (khususnya untuk para panitia SPEKTA 2011). Bahkan kalau bisa beberapa hari sebelum mudik, usahakan kalian sudah terbebas dari pekerjaan-pekerjaan tersebut. Biar mudik yang sudah sobat rencanakan berjalan sesuai rencana.
  3. Catatlah barang-barang yang akan sobat bawa mudik sedini mungkin, biar pas hari keberangkatan sobat tidak lagi sibuk memilih dan memilah. Barang-barang berharga seperti laptop, uang, hp, surat-surat penting, dll sebaiknya dibawa mudik saja. Tapi kalo sobat ingin meninggalkan di dalam kost, pilihlah tempat yang paling aman dan jangan lupa di gembok juga. Karena kasus pencurian di dalam kost marak terjadi ketika anak-anak kostnya sedang mudik. Saran terakhir kalo sobat tetap ingin meninggalkan barang-barang berharga, sebaiknya dititipkan ke kerabat/teman yang tidak mudik.
  4. Mulailah membeli oleh-oleh sejak sekarang, karena pusat-pusat perbelanjaan masih belum terlalu ramai. Sebelum membeli alangkah baiknya dicatat dulu, biar sobat tidak muter-muter ketika berbelanja (hemat tenaga coy, kan lagi puasa :D ).
  5. Saat hari keberangkatan tiba, kalau sobat termasuk orang yang doyan mabuk, alangkah baiknya untuk minum obat anti mabuk saat sahur. Kalo jarak mudik sobat cukup jauh, kami sarankan untuk tidak puasa saja daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi kalo sobat ingin puasa, two thumbs deh buat sobat. Jangan lupa, pamit kepada ibu/bapak kost seraya menitipkan kamar kost dan juga barang-barang sobat di dalamnya. Ingat, selain lemari-lemari yang digembok, pintu kamarpun harus sobat gembok ketika mau berangkat.
  6. Pergi ke tempat transportasi mudik lebih awal. Hari-hari menjelang mudik biasanya kan jalanan macet, daripada sobat telat jadi gak ada salahnya untuk berangkat lebih awal. Lagian kalo sobat terlambat, tiket yang sobat punya pasti hangus, sayang sekali bukan??
  7. Siapkan minyak kayu putih, tissue, kantong plastik (kalo sobat ingin muntah), kipas, buku bacaan, atau apapun itu biar mudik sobat nyaman. Taruh di dalam tas yang mudah di jangkau, biar mudah diambil ketika diperlukan. Untuk yang mudik menggunakan kereta, saya sarankan untuk menyiapkan kesabaran juga biar tidak emosian ketika di tengah perjalanan. Untuk yang mudik menggunakan motor, pastikan surat-surat penting sudah dibawa, pakai jaket dan helm yang lengkap juga. Karena di jalan pasti sangat ramai dan juga macet, kami sarankan untuk ambil aman saja, jangan ngebut-ngebut.
  8. Jaga barang-barang anda selama di perjalanan. Ingat, sopir/masinis/pilot tidak bertanggung jawab atas hilangnya barang-barang sobat.
Tips mudik diatas semoga bisa membuat para anak kost jadi lebih teliti sebelum berangkat mudik. Selamat mudik sobat Ekuitas, selamat berkumpul dengan keluarga tercinta, dan pastinya selamat lebaran

Komentar

  1. Gunakanlah sepedah untuk mudik. Pilihlah hari yang agak jauh dari hari lebaran. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour