Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi





Gambar terkait
HALO SELAMAT PAGI WARGA EKUITAS

Kali ini mimin ingin berbagi sedikit tips nih tentunya buat bekal kalian nanti ketika bertemu dengan orang baru baik dalam organisasi maupun dalam perusahaan ketika kalian sudah lulus dari perguruan tinggi WHY???KENAPA??? kenapa sih kita harus mengenal ciri-ciri orang dalam berorganisasi? jawabannya  supaya kita  bisa menyesuaikan diri sama lingkungan yang ada disekitar,kira-kira apa yaa yang bakal mimin bakal bahas dalam story kali ini langsung aja

*chekidot*
     
Sebelumnya mungkin mimin tidak usah menjelaskan apa makna organisasi. Definisi dan hal-hal tentang organisasi bisa didapatkan di berbagi website ataupun buku. Selama pengalaman yang mimin rasain berorganisasi saya bertemu orang-orang yang memilki karakter bermacam-macam. Baik atau tidaknya karakter tergantung kalian yang tentukan, mimin hanya akan mengulas beberapa karakter itu berdasarkan pengalaman. Organisasi yang saya maksud adalah organisasi kesiswaan atau kemahasiswaan.

1. Tipe Ekor (ingin ikut teman) 
Sebagai tipe ini , orang akan mendaftar di organisasi apabila teman yang dikenalnya masuk mendaftar juga di organisasi tersebut. Biasanya alasan tersebut agar tidak malu-malu atau lebih percaya diri karena sudah punya teman yang dikenal jangan takut kamu ngga bakal punya teman di organisasi baru yang akan kamu ikuti,seiring berjalannya waktu kamu sendiri akan dekat dengan teman baru kamu di organisasi tersebut percaya diri.Parahnya dari tipe ekor ini apabila temannya keluar dari organisasi tersebut, maka temannya tidak akan jauh untuk mengikuti langkah yang diambil oleh temannya tersebut ~waduh negara kita tidak mengikuti prinsip tersebut ya guys 
2. Tipe Friendly and Easy Going 
Hmm mungkin tipe seperti ini tak peduli berapa teman yang ia miliki ,ia akan tetap menambah teman dengan mendaftar organisasi. Ini salah satunya tujuan dari organisasi sebenernya ilmu pengetahuan dapat, teman juga dapat tapi bukan berarti kita melupakan teman lama yaa hehe.Biasanya tipe si friendly ini salah satu jenis organisatoris yang akan aktif berkegiatan dan dapat diandalkan.~cuek aja gue mau berteman sama siapa aja karena tak kenal maka tak sayang juga hehe.

3. Tipe hunter (ingin cari pasangan)  
Tipe ini biasanya tidak atau kurang Nampak, karena jarang atau tidak mungkin orang akan terang-terangan mengatakan tujuannya berorganisasi adalah cari cemewew. Tipe ini biasanya mereka yang sangat mendambakan kekasih, juga tak jarang ada yang menyeleksi diam-diam satu persatu orang-orang dalam organisasi yang pantas atau bisa menjadi cemewewnya, dan biasanya seleranya tinggi seperti cantic atau cakep,berwibawa dan pintar. ~haduh jaman sekarang masih pilih-pilih kek mau beli buah aja pasti kalua mau dapet yang manis dipilih-pilih hehe

4. Tipe pencitraan (you know lah maksudnya opo)
Tau sedikit tapi bicaranya banyak,haduh berbelit-berbelit gitu guys pernah ngga kalian menemukan orang seperti ini? Berbicara secara tidak dengan fakta atau bukti nyatanya dan hanya bermodalkan informasi sekilas. Terkadang tipe ini pemikirannya sempit,tidak bijaksana, egois, gampang emosian atau marah,dan hanya menganggap dirinya benar sendiri padahal hanya ingin dirinya dinilai sang organisator kritis dan paling hebat seperti peribahasa “tong kosong nyaring bunyinya. ~hihi moga-moga kita bukan salah satu dari tipe ini ya guys.

5. Tipe panas setengah-setengah   
Tipe ini juga banyak,mungkin kata lainnya adalah untuk coba-coba (lho kok organisasi nyoba-nyoba, kek pengen nyoba makanan yang baru launching gitu hehe) tipe ini mungkin bisa dikatakan belum mendapatkan hidayah atau makna organisasi sebenarnya. Kadang masuk mendaftar organisasi, tapi pas di tengah jalan mengundurkan diri atau malah menghilang tak muncul tiada kabar~waduh mulai mellow lagi~ back to the topic guys dari tipe orang seperti ini paling banyak “reason” seperti faktor : kemalasan, jenuh,organisasi yang kurang cocok,ada orang yang dia gasuka atau adanya musuh dalam organisasi tersebut. Tahap parah dari tipe si panas yaitu kalua kebiasaan setengah-setengahnya berulang-ulang, misalnya mereka baru muncul pada saat ada pemilihan dalam organisasi atau ada kegiatan seru.~waduh si panas nih ya milih-milih jangan-jangan kembaran sama si hunter pilih-pilih cari doi juga~ ehh udahlah forgetted.

6. Tipe penguasa ( hanya mau jabatan)   
Tipe ini biasanya agak sedikit mirip –mirp memiliki karakter tipe pencitraan juga. Lha terus apa bedanya oke dijelasin lagi tipe seperti ini biasanya ia hanya ingin aktif karena mengejar sebuah kedudukan, karena baginya memegang jabatan dalam organisasi adalah pencapaian yang penting. Parahnya dari si penguasa ini jika ia tidak mendapatkan jabatan tertentu atau tidak terpilih menjadi ketua dari suatu organisasi ia langsung menghilang dan meninggalkan organisasi tersebut ~waduh mas mbake segala apapun itu sudah takdir dari gusti agung.

7. Tipe penyebar jaring (punya banyak organisasi) 
Tipe si spiderman ini mereka yang mendaftar lebih dari satu organisasi bahkan mungkin sangat banyak. Positifnya , ia akan mendapatkan kenalan dimana-mana, memiliki kegiatan yang banyak. Negatifnya , jika tipe ini tidak memiliki kemampuan mengatur waktu atau kemampuan fisik yang baik, maka efek samping akan menyerang dirinya sendiri, misalnya terlalu lelah, semua urusan jadi berantakan, tidak hokus focus terhadap organisasi yang membuat ia tampak setengah-setengah dalam berorganisasi.

8. Tipe penistaan (selalu menyalahkan organisasi karena nilai akademik yang buruk)
Terkadang kita selalu dihadapkan masalah antara akademik dan organisasi. Biasanya orang tua akan melarang anaknya untuk berorganisasi atau aktif kegiatan karena nilainya yang tidak memuaskan. Mungkin dulu, saya sempat terpengaruh sedikit dengan keyakinan ini, tapi semakin  mimin meneliti sendiri,merenungkan sendiri,penyebab turunnya nilai akademik itu bukanlah karena aktif berorganisasi that’s imposibble but kita sendiri yang tidak mampu memilah waktu kapan berorganisasi kapan bermain kapan waktu untuk kulaih. Sebenernya berorganisasi sangatlah penting untuk mengasah softskill kita. Bahkan, berorganisasi dapat meningkatkan kepekaan kita dalam proses belajar di kelas. Jika tipe seperti ini menyalahkan organisasi yang mengganggu akademik,berarti ia juga tidak akan mendapatkan hidayah dan manfaat berorganisasi,karena akademiknya buruk bukan disebabkan oleh organisasi,tapi oleh diri sendiri.

9. Tipe one is enough (yang penting ada)   
Tipe ini bukan tipe yang buruk, tipe ini adalah mereka yang mendaftar hanya di satu organisasi saja. Mungkin mereka berfikir satu saja cukup,atau ingin lebih intens di bidang organisasi tersebut,ini sebuah hal wajar, biasanya tipe ini memiliki loyal yang tinggi terhadap organisasinya. Dan terkadang tipe ini susah ditebak karena mungkin lebih pendiam jika dalam organisasi.

10. Tipe “ Organisasi Sejati” 
And the last point organisasi sejati. Seorang organisatoris sejati akan selalu menjaga lisan dan perbuatannya untuk dirinya dan organisasinya. Setiap pendapat yang dikeluarkan akan berusaha ia pikirkan terdahulu. Biasanya tipe ini memiliki wibawa yang baik,cerdas, dan memiliki teknik manajemen yang baik. Bisa juga memimpin dan juga bisa dipimpin, jauh dari zona-zona pencitraan dan pendapat yang menggebut-gebu. Selama mereka, terlepas dari sifat sombong, tipe ini akan disukai banyak orang dalam organisasi tersebut. Tipe seperti ini, akan selalu aktif dalam kegiatan organisasi, menyumbangkan tenaga dan pikiran atau kebutuhan organisasi lainnya,bahkan setelah mereka demisioner,bahkan jug ajika sudah menjadi alumni tipe ini akan berkontribusi dalam bentuk kegiatan yang biasa melibatkan dirinya.

         Oke  itu yang bisa mimin kasih dihari ini, so yang terpenting bagaimanapun sikap sesorang pasti ada baik dan buruknya dalam organisasi kesenjangan pasti selalu terjadi tinggal itu semua berbalik kepada diri kalian bagaimana cara kalian menyikapi jika kalian terjun langsung di lapangan menurut kalian teman-teman kalian atau diri kalian sendiri mempunyai tipe sifat organisasi yang mana sih?


Jadilah diri sendiri jangan dengarkan apa kata orang lain karena orang lain pun suatu saat akan berubah menjadi lebih baik apabila melihat fakta akurat dalam diri kita secara detail”


Sekian dan terima kasih 



Kominfo 2018✊✊✊





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekuitas Rooms Tour