[RECAP] LATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA (LKM) 2017!

Halo Mahasiswa Ekuitas!

Sebelum mimin bercerita kepada kalian, mimin mau bertanya terlebih dahulu, pernahkah kalian mendengar istilah pemimpin atau pernah melihat kepemimpinan itu seperti seperti apa terus gimana caranya sih kalian itu bisa menjadi pemimpin yang baik untuk teman-teman kalian, apalagi kepemimpinan kalian itu memasuki ranah nasional dan membawanya kepada persaingan dunia?

     Singkat aja nih guys, disini kalian akan mengikuti sebuah kegiatan yang akan mendidik kalian bagaimana menjadi Pemimpin yang bijak dan berani, kegiatan tersebut yaitu Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM). Kegiatan ini ialah tindak lanjut setelah mengikuti Ospek Kampus (SPEKTA) dilanjut dengan Ospek Jurusan, dan terakhir mengikuti kegiatan LKM. Terlebih bagi anda yang ingin terlibat kedalam Keluarga Mahasiswa, kegiatan ini menjadi salah satu syaratnya loh guys. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah untuk membentuk karakter mahasiswa menjadi pemimpimpin yang bijaksana, berani, disiplin, dan juga tidak takut menghadapi segala rintangan yang ada didepannya. Kegiatan LKM 2017 ini berlangsung selama 4 hari, 2 hari dikampus dan 2 hari di Yonzipur Dayeuhkolot, kegiatan ini dilaksanakan pada Tanggal 23&24 November, serta Tanggal 2&3 Desember 2017.

Lalu bagaimana sih LKM 2017 ini? Yuk kita intip bersama;)


Day 1
                             


Wah banyak yang sudah siap menjadi pemimpin ya!


     Hari jum'at, tanggal 24 November pukul 13.30 mahasiswa berkumpul di AULA lantai 4 STIE EKUITAS untuk konten pembekalan, apa saja barang bawaan untuk individu maupun kelompok yang dibawa di hari keduanya nanti, mereka pun duduk sesuai dengan kelompok yang telah terpampang namanya di papan pengumuman. Setelah peserta didalam aula dan sudah diberi pembekalan individu maupun kelompok, mereka pun diajak untuk bekerja sama secara kreatif dalam membuat yel-yel kelompok dan dinyanyikan didepan kelompok lain, wah tentunya antusias mahasiswa ini sangatlah besar dan mereka pun tidak mau kalah bagusnya akan yel-yel yang akan mereka perlihatkan, dan itupun membuat konten acara ini menjadi semakin semarak dan seru. Kemudian peserta dibubarkan sekitar pukul 16.25 untuk mempersiapkan bekalnya dihari esoknya. Tentunya kakak pembimbing ini yang terus menerus kasih semangat buat adek-adeknya di hari esok kek gimana ya semangat mereka?? 



SEMANGAT AYO TEMAN TEMAN SEMANGAT


SAMPAI KETEMU DI HARI BESOK


IKUT FULL YAA SAMPE 4 HARI


Day 2
     Hari ke-2 pun dimulai dengan pengkondisian seluruh peserta LKM, mereka dating kekampus pukul 05.00 subuh dan mereka dibariskan diparkiran depan STIE EKUITAS, mereka dilakukan pemeriksaan dari mulai apa saja yang mereka bawa hingga tugas yang telah mereka selesaikan seperti membuat Name Tag dan juga Kursi Goyang.



Jangan pada tidur lagi ya akang-teteh nya hehe

     Setelah pengecekan atribut dan juga barang bawaan yang mereka bawa, peserta diarahkan untuk menuju Aula dan mereka harus menaiki tangga yang ada. Mereka langsung disambut oleh para mentor masing-masing kelompok dan juga MC yang kece tentunya..
     
Hallo teteh cantik, udah sia[pnih buat semangatin adek-adeknya


Tuh liat akangnya tetap senyum walaupun udah disuruh kekampus subuh-subuh

     Dan pada pukul 07.15 pada saat peserta berada di Aula, disbintal pun melakukan pengecekan terhadap barang bawaan para peserta, disbintal memastikan bahwa para peserta membawa seluruh barang yang sudah ditugaskan. Mereka juga disuruh bawa Nasi Siap Tempur loh guys, ada yang tau kira-kira mereka akan memakan apa?? Yap betul, yang dimaksud adalah Nasi dengan Telur, Tahu dan Tempe. Tidak lama dari sarapan, mereka diajak oleh para panitia untuk Ice Breaking untuk membuat suasana menjadi ramai kembali, dan setelah Ice Breaking, ada konten dimana para panitia LKM ini dipersilahkan untuk memperkenal diri mereka..wah penasaran banget kan siapa saja sih mereka??
    
  • DISLITBANG AD (Divisi Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat) adalah sebuah panitia yang mengurus jalannya acara dari mulai acara hingga acara selesai.
  • DISBEKANG AD (Divisi Pembekalan Angkutan Angkatan Darat), nah tugas dari disbekang ini sama seperti halnya mentor yang mengabsen dan mengawasi kelompok.
  • DITPAL AD (Divisi Peralatan Angkatan Darat), waaw gasalah lagi sama divisi yang satu ini yang pastinya mereka strong-strong atau disebut juga sebagai logistic.
  • DPPP AD (Divisi Pengelolaan Pangan Angkatan Darat), kalian lapar haus selama acara LKM?mereka akan beraksi apabila jam makan telah berlangsung, konsumsi-konsumsi.....
  • DISINFOLAHTAL AD (Divisi Informasi dan Pengelolaan Data Angkatan Darat), tugas dari panitia ini yang layaknya fotografer atau orang yang mendokumentasikan acara tersebut ayo semuanya keluarkan ekspresi kalian satu dua tiga hihihi,tidak hanya itu mereka yang mebuat desain sertifikat, background acara, sampai banner.
  • DISBINTAL AD (Divisi Pembinaan Mental Angkatan Darat), okay mungkin kalian sudah melihat mereka seperti apa tapi sebenarnya mereka ngga serem seperti yang ada dipikiran kalian, justru merekalah yang membuat kalian agar bisa mendisiplinkan agar diri kalian sendiri tertib.
  • DISMEDIS AD, siapa yang sakit? mereka akan langsung beraksi dan langsung menangani kalian dimanapun mereka berada, so tenang ya guys.
     Nah itu dia orang-orang yang terlibat kedalam acara LKM 2017 ini, selain ada konten perkenalan panitia dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Demisioner BEM STIE EKUITAS sampai tak terasa waktu adzan dzuhur pun berkumandang dan ISOMA pun dilakukan secara bergantian antar kelompok, jika ada kelompok yang sholat maka kelompok yang lain pun makan siang terlebih dahulu begitupun sebaliknya, kemudian materi pun dilakukan sampai jam 15.00. Dilanjutkan dengan penyampain materi bagaimana tata cara debat yang baik yang disampaikan oleh demisioner BEM kemudian melakukan simulasi debat antar kelompok pro dan kontra sampai adzan maghrib pun berkumandang dan setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan kembali lagu buruh tani.


SUASANA MANAJEMEN AKSI (MENAK)

SUASANA MANAJEMEN AKSI (MENAK)

SUASANA MANAJEMEN AKSI (MENAK)


Wah ada akang-akang ganteng nih, kira-kira lagi ngapain ya??

     Jam 19.00 lanjut kepada konten acara yaitu MENAK atau disingkat sebagai Manajemen Aksi, ini bisa dikatakan sebagai simulasi mahasiswa untuk melakukan demo, memang konten acara ini membutuhkan tenaga dan mental yang cukup kuat dan yang kurang sehat diharapkan tidak diperkenankan ikut karena dapat terjadi hal yang tidak diinginkan oleh pihak panitia manapun, kegiatan ini dilakukan hingga jam 21.30.



Akhirnya hari kedua sudah terlewati
Tapi masih tetep semangat yaa hebat


    Setelah konten acara MENAK dilakukan peserta LKM kembali ke AULA sekitar pukul 21.00 dan kemudian menceritakan kejadian apa yang terjadi dan membongkar strategi dalam acara MENAK tersebut, hmm cukup menarik dan menantang juga yaa konten acara ini..



Day 3
LOKASI : YONZIPUR, DAYEUHKOLOT

Nah untuk hari ke 3 ini kita beralih lokasi nih guys yaitu di Yonzipur Dayeuhkolot. Disana para calon pemimpin akan dilatih untuk menjadi pemimpin yang sesungguhnya, konten nya pun tidak kalah menarik dengan yang dilakukan di kampus, so terus pentengin ya!

Persiapan menuju Yonzipur yang dibantu oleh panitia

Widih mau pada kemana nih, kang?

Satu..Dua..Tiga liat sini teh mau difoto...

Nah setelah semua peserta LKM sudah menaiki mobil tentara, mereka semua lanjut menuju lokasi yaitu di Dayeuhkolot, perjalan ini memakan waktu hampir kurang lebih 1 jam loh guys.. Sebentar-sebentar, terus mereka selama perjalanan berdiri? Yap mereka semua selama perjalanan ini tetap berdiri karena memang didalam mobilnya berdesakan, namun mereka tetap bahagia dijalan, sembari menunggu mereka semua bernyanyi dan menyapa orang-orang yang ada dijalan loh guys, padahal tidak semuanya kenal dengan orang-orang tersebut, hahaha ada-ada saja ya tingkat peserta lkm ini...
*AKHIRNYA SAMPAI JUGA DI YONZIPUR DAYEUHKOLOT*

Upacara pembukaan LKM di Yonzipur

Istirahat ditempat...GRAK!

     Setelah serangkaian ucapara ini selesai, peserta dikumpulkan didepan untuk dibagi Pembina dari setiap anggota TNI AD ini, gunanya adalah untuk mengontrol segala aktivitas yang dilakukan kelompok, selain itu juga para peserta akan dibagi tempat untuk mereka beristirahat. Nah sebelum mereka beristirahat mereka melakukan beberapa games yang sudah disediakan oleh para panitia lkm tentunya, dari games yang diberikan ini panitia berharap mereka bisa menjadi sosok pemimpin yang tegas terhadap teman-temannya, bisa kompak didalam suatu kelompok, dan juga bisa membuat kelompok nya selalu aman dipimpin oleh pemimpinnya.

Para peserta diberikan arahan oleh Bapak TNI AD

Para peserta menunggu untuk bergiliran games
Para peserta berkumpul untuk melakukan games perkelompok
Kira-kira lagi main games apa ya??
Para peserta beristirahat sejenak setelah melakukan games

Para peserta sedang melakukan games

      Setelah semua games dilaksanakan oleh semua kelompok, maka semua peserta pun dipersilahkan untuk beristirahat dan mempersiapkan dirinya untuk besok pagi, karna akan ada konten yang seru yang tentunya membuat mereka semakin bersemangat, ohiya semangat besok hari terakhir loh!

Hampir aja menyatu dengan alam ya guys warnanya hehehe

Mereka lagi melaksanakan konten apa ya??

SEMANGAT!

     Inilah akhir dari acara LKM tahun 2017. Setelah semua peserta melakukan games dan juga beberapa tantangan yang ada, peserta dikumpulkan di aula para TNI AD pun melakukan upacara penutupan, setelah itu peserta dikumpulkan di lapangan untuk makan malam dan melihat beberapa cuplikan video pada saat LKM berlangsung 4 hari kebelakang, dan inipun merupakan sebagai simbol bahwa LKM telah usai.
  

***

Itu dia serangkaian acara LKM 2017. Terimakasih untuk kalian, para peserta yang luar biasa sudah mengikuti acara ini dari awal hingga akhir.

Dan...

Terimakasih juga untuk semua pihak yang terlibat dari mulai demisioner, alumni, TNI, maupun pemateri lainnya. Khususnya, untuk semua panitia yang sudah berkontribusi, mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran sehingga acara LKM 2017 bisa berjalan dengan lancar. Kalian Luar biasa!!!


Ini bukan akhir dari perjuangan kalian (peserta), justru ini adalah awal. Bagaimana kalian bisa menerapkan semua ilmu yang sudah didapat saat LKM pada kehidupan kalian dalam berorganisasi.


LKM 2017...
DARE TO LEAD, DARE TO CHANGE, DARE TO BE THE RIGHT ONE!
#HIDUPMAHASISWA
#HIDUPRAKYATINDONESIA

(ada bonus nih buat kalian...)
















***

Source by
     PDD LKM 2017

KOMINFO 2017

 













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour