Kementrian Sosial dan Kesejahteraan BEM STIE Ekuitas
Hasil rapat Pilkada lewat DPRD?

Koalisi merah putih yang terdiri dari partai-partai pengusung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2014 akhirnya memenangkan pertarungan atas pro kontra Rancangan Undng-Undang Pemilihan Kepala Daerah  (Gubernur, Walikota, Dan Bupati)
RUU itu disahkan pada rapat paripurna DPR, Jumat dini hari, 26 Sepember 2014.Lewat mekanisme voting, koalisi merah putih pendukung Prabowo-Hatta menang telak dengan 226 suara melawan kubu pendukung JOKOWI-JK yang hanya mendapat 135 suara. Dengan hasil voting ini, DPR memutuskan Pemilihan Umum Kepala Daerah dipilih oleh DPRD. Dengan dishkan nya RUU Pilkada ini maka partai pendukung Jokowi-Kalla  sulit memenangi pemilihan kepala daerah karena hampir mayoritas anggota DPRD dikuasai partai pendukung Prabowo-Hatta. Partai pendukung Jokowi-Kalla hanya akan menang di 2 provinsi, yaitu Bali dan Kalimatan Barat. Sedangkan sisanya, akan disapu bersih pendukung Prabowo Hatta.

 
Hal yang menarik, salah satu partai besar di DPRD memilih untuk walk out dari ruang sidang. Aksi walk out Partai Demokrat, mewarnai drama politik panjang sidang paripurna DPR yang akhirnya mengesahkan RUU Pilkasa dengan opsi kedua yakni pemilihan lewat DPRD. Ada 135 anggota yang mendukung pilkada langsung, sedangkan 226 anggota fraksi lainnya yang juga di barisan koalisi merah putih mendukung opsi pilkada lewat DPRD.
Sebelumnya, sidang paripurna diwarnai kerusuhan setelah Deomokrat bersikukuh mengusulkn opsi pilkada langsung dengan 10 syarat mutlak. Sementara itu fraksi lain menentang opsi itu dimasukkan untuk voting di sidang paripurna, karena 10 usul itu sudah tak punya forum untuk masuk dalam naskah RUU pilkada.
Fraksi PKS, misalnya, mengingatkan bahwa sudah tak ada forum untuk membahas usul Demorkat itu, Fraksi partai Gerindra juga menyampaikan pertimbangan yang sama. Namun, saat wakil ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin rapat menyebutkan dua opsi untuk voting, interupsi pun bermunculan dan situasi pun sempat memanas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour