Kementrian Kesekretariatan Kabinet BEM STIE Ekuitas

Tunjukkan Semangat Layaknya Para Pahlawan

Pertempuran surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini merupakan pertempuran pertama pasukan Indonesia melawan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol Nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang merupakan rangkaian perjuangan panjang dan heroik yang pernah dilakukan para pejuang Indonesia itu kemudian kini kita kenal sebagai Hari Pahlawan.
Tepat 10 November kita kembali mengenang hari dimana para pendahulu mencurahkan tenaga serta pikiran untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan negara kita, Indonesia. Hari dimana para pahlawan berjuang di medan perang meneteskan darah, keringat dan juga air mata agar bisa mengibarkan bendera merah putih kita, Indonesia. Hari dimana  ribuan nyawa terkorbankan demi masa depan kita sang penerus bangsa, Indonesia.
         Tapi, sudah sejauh apakah tindakan yang telah kita lakukan untuk negara kita, Indonesia?
Kenanglah, tepat pada tanggal 10 November 1945 lalu, pertempuran besar terjadi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang baru sekian hari terbebas dari belenggu penjajah. Kenanglah, saat belanda ingin kembali membelenggu garuda yang baru saja terbang bebas.
Kenanglah saat dimana Bung Tomo dan para pejuang lainnya dengan gagah berani dan sukarelawan maju kemedan perang menentang 30.000 tentara bersenjata mempertahankan kemerdekaan. Kenanglah keberanian dan kegigihan itu.
Dan kenanglah ketika ribuan pahlawan kita gugur demi kita.
Semangat kepahlawanan yang ditunjukan para pejuang Indonesia dalam pertempuran 10 November ini hendaknya dapat kita hayati dan menjadi inspirasi serta sumber motivasi dalam mengisi kemerdekaan. Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan ini, diharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan bangsa, sehingga bangsa Indonesia tidak akan terombang-ambing dan kehilangan arah di tengah derasnya arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.
Ada pepatah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Untuk itu marilah kita gelorakan semangat kepahlawanan dengan dilandasi Nilai-Nilai Kesetiakawanan Sosial yang tinggi serta kita rapatkan barisan membangun negeri untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang bermartabat yang bisa berdiri sejajar dengan negara lain di dunia serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat terus terjaga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour