Dolar Terendah Hari Ini

Jakarta - Nilai dolar AS kembali meninggalkan level Rp 13.400-an. Pada hari ini, posisi dolar terendah berada di Rp 13.360.
Dari data transaksi Reuters, Senin (12/10/2015), pada hari ini posisi dolar terendah adalah Rp.13.475.Di sore ini, dolar bergerak di Rp 13.396, dan lalu kembali ke Rp 13.416.
Rupiah memang belakangan ini menguat cepat.
Dolar yang tadinya di level Rp 14.000, turun menjadi Rp 13.000-an. Dalam sepekan terakhir, dolar tidak berdaya hingga lebih dari 1.000 poin.
Banyak faktor yang membuat rupiah menguat atau dolar AS melemah. Faktor-faktor ini datang dari luar dan dalam negeri.
Menurut Ekonom BCA, David Sumual, beberapa faktor yang bikin rupiah menguat mulai dari pinjaman luar negeri hingga paket kebijakan yang dirilis Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Selain itu memang banyak sentimen positif. Masih berpeluang untuk menguat lagi rupiah," katanya kepada detikFinance, Senin (12/10/2015).

Selain itu, ada aksi korporasi Emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menarik investor asing untuk masuk, contohnya adalah rencana penerbitan saham baru (rights issue) PT HM Sampoerna Tbk (HSMP).
Tiga paket kebijakan pemerintah yang dirilis tiap pekan juga disambut positif oleh pelaku pasar. Hal ini turut menyumbang sentimen positif kepada penguatan rupiah.
Sementara dari luar negeri, dolar AS melemah gara-gara bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), akhirnya menahan suku bunga di posisi nyaris nol. Spekulasi akan naiknya suku bunga AS pun hampir sirna.

“Tapi ada yang harus diwaspadai, Wakil Gubernur The Fed sempet bilang ada kemungkinan AS naikan suku bunga tahun ini. Jadi ada kemungkinan dolar menguat lagi," ucapnya.

Sumber : Detikcom

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour