Get Your Success











Sucess will never come to you if you won’t go to it




--

Dibutuhkan waktu, tenaga dan uang untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Namun tidak menutup kemungkinan kita bisa sukses sebagai seorang pengusaha di usia yang masih muda. Sejatinya,sukses adalah hak setiap orang. Terserah masing-masing mengartikan sukses itu seperti apa atau dikatakan sukses jika sudah mencapai suatu target.
Kalian yang saat ini mulai berpikir untuk menjadi pengusaha/pebisnis sejak dini, jangan takut melangkah. Karena kita sudah tahu di Indonesia sendiri banyak sekali pengusaha muda yang dikatakan sukses dalam berbagai bidang.



Putri Tanjung
Oke guys, kita ambil contoh seperti Putri Tanjung. Anak dari Chairil Tanjung ini memulai bisnis nya dari umur 17 tahun dengan membangun Creativineur Event Creator dan usaha nya kini berbuah manis.









Gazan Azka Ghafara



         Lalu ada Gazan Azka Ghafara, pemilik usaha Zanana Chips yang menyulap modal Rp 1 juta jadi omzet ratusan juta. Sebagian dari kalian mungkin akan merasa asing mendengar produk makanan berdasar pisang yang satu ini.
  
Yap, teknik pemasaran yang dilakukan Gazan ini terbilang unik. Karena Zanana Chip ini tidak mudah ditemukan, namun sering kali di endorse ke artis-artis terkenal Indonesia. Orang-orang yang penasaran dengan produk ini akan mencari dan bertanya pada setiap media social Zanana Chip yang ada. Akhirnya cara ini lah yang membuat bisnis nya semakin maju dan tentu saja omzet nya terus bertambah.

Yang lebih dekat lagi, STIE Ekuitas juga memiliki seorang alumni yang sudah berhasil dalam menjalankan usaha yang digelutinya. Yaitu, Kang Galih Prakoso.





Produk Lagerozz
Kang Galih Prakoso




































Pada awalnya Kang Galih dan seorang temannya memproduksi kue dengan mendirikan Alifa Group. Namun setelah mengikuti pelatihan di kampus Kang Galih berpikir untuk mengembangkan usahanya lewat memproduksi keripik dengan bahan dasar jamur. Ini adalah satu fungsi pelatihan bagi para pebisnis muda yang baru memulai usaha.Terbukti, setelah mengikuti pelatihan ternyata usaha Kang Galih berkembang dan keuntungan yang didapatkan lebih besar daripada saat ia hanya menjual kue.
           
Dan, masih banyak lagi pengusaha-pengusaha muda lainnya yang sudah sukses di bidang yang mereka geluti sampai saat ini. Tentunya semua itu melalui proses panjang yang tidak mudah. Rugi secara materi, waktu yang tersita, dan segala sesuatu yang membuat mereka jatuh bangun sudah mereka lewati.

Lalu,sebenarnya apa sih yang membuat mereka bisa menjadi seperti sekarang?
           
Di bawah ini ada beberapa poin penting yang harus dicermati jika ingin menjadi pengusaha yang sukses, diantaranya :

1.      Keterampilan Mengatur Skala Prioritas
Ketika menjadi seorang pengusaha sukses, tentunya harus siap dengan segudang rutinitas dan pekerjaan yang menunggu uluran tangan untuk bisa diselesaikan dengan segera. Meskipun cukup berat, namun tugas-tugas tersebut harus segera diselesaikan para pelaku usaha agar tidak menumpuk dan menghambat jalannya roda usaha. Intinya, kita harus bisa memilih urutan pekerjaan sesuai dengan kepentingannya.

2.      Keterampilan dalam Hal Manajemen Waktu
      Meskipun sebagai seorang pelaku usaha anda tidak memiliki batasan waktu kerja seperti halnya yang dialami para karyawan, namun penting bagi kita untuk tetap memperhatikan manajemen waktu dengan bijak. Kenapa? Karena sumber kehancuran karir seseorang adalah ketika dia tidak mampu mengatur waktu dengan baik.

Keterampilan Multitasking
Mengingat dunia usaha terus 
 bergerak sesuai dengan jamannya, maka penting bagi kita untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam berbagai hal untuk menjawab kebutuhan para konsumen. Hal ini penting, karena tak jarang para pelaku usaha dituntut untuk bisa multitasking untuk memenuhi semua kebutuhan konsumennya. Keterampilan, pengetahuan, dan keahlian dalam menjalankan usaha, menjadi bekal utama untuk bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu.

2.      Keterampilan dalam Berkomunikasi
Berkomunikasilah dengan baik agar bisa menjadi lawan bicara yang diperhitungkan mitra bisnis. Meskipun poin ini sering disepelekan para pelaku usaha, namun sebaiknya belajarlah untuk menjadi pembicara yang handal agar bisa menaklukan setiap keraguan yang dimiliki lawan bicara.
Keterampilan itu sendiri tidak akan muncul begitu saja. Namun mereka pasti banyak mengikuti pelatihan-pelatihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola usahanya.

Nah, contoh nya saja baru-baru ini kampus STIE Ekuitas mengadakan Pelatihan UMKM Menembus Pasar Retail yang diikuti tidak hanya oleh mahasiswa dalam kampus, tetapi juga mahasiswa eksternal dan juga para pengusaha UMKM yang ingin meningkatkan kemampuan mereka. 

Bapak Dr. Dito Rinaldo SE.,MM (Dosen STIE Ekuitas) bersama Bapak Ronald K Kumowal (Retail Yogya Group)


Foto bersama peserta, pemateri, dan dosen STIE Ekuitas
Selain itu, berusaha, berdoa,dan tidak mudah menyerah juga menjadi poin penting selain beberapa poin di atas. Ada satu lagi yang tidak boleh dilupakan, yaitu semangat. Karena kebanyakan orang-orang gagal bukan karena mereka bodoh ,tapi karena mereka tidak punya cukup semangat. Jadi, SEMANGAT GUYS!!! :)






Source by Google
KOMINFO 2016
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour