[RECAP] Open House BEM 2017







''Kepemimpinan dan organisasi adalah dua hal yang tak terpisahkan organisasi melatih kepemimpinan, dan kepemimpinan menjamin kelangsungan organisasi.'' – Unknown

            ***

Istilah open house biasanya kita pakai untuk menyebut kegiatan yang dilakukan pejabat atau seorang tokoh pada saat hari raya untuk menerima dan menyampaikan ucapan selamat hari raya kepada masyarakat umum secara langsung. Kegiatan itu tentu saja menjadi kegiatan yang khas di Indonesia.


Open house tentu saja bukan hanya dilakukan oleh pejabat ataupun seorang tokoh, namun juga oleh organisasi. Contoh nya BEM STIE EKUITAS. Kementerian Dalam Negeri BEM STIE EKUITAS dengan bangga mengadakan kegiatan Open House 2017 yang merupakan program kerja insidensil BEM STIE EKUITAS.

Open House 2017 dilaksanakan pada tanggan 4-5 Maret 2017 yang bertempat di Vila Istana Bunga, Parongpong, Lembang. Kegiatan ini diikuti oleh 24 mahasiswa baru.

Tujuan dari acara ini yaitu untuk mengenalkan bagaimana organisasi berjalan, khususnya BEM kepada mahasiswa yang memiliki ketertarikan untuk bergabung dengan BEM. (termasuk mengenal lebih dekat orang-orang yang ada di dalamnya ya, hehe). 


Di acara open house ini kita pastinya seru-seruan dari mulai datang hingga pulang.
Untuk hari pertama, setelah membereskan barang yang dibawa ke kamar masing-masing dan membagi dalam beberapa kelompok, lalu kita mulai melakukan kegiatan.

Kegiatan pertama kita melakukan fieldtrip yang terdiri dari 5 pos yang memiliki esensi pada masing-masing posnya dan akan dilewati setiap oleh kelompok yang ada. Pos pertama yaitu ada games tali, dimana setiap kelompok harus bisa mengurai tali rapia yang saling berkaitan satu sama lain.
Pos 1




Di pos 2 ada games baner. Masing-masing anggota kelompok harus menginjakan kaki nya di dalam banner, ukuran banner diubah dari ukuran yang besar menjadi kecil dan setiap anggota kelompok harus bisa menginjakan kaki pada setiap ukuran banner yang diberikan.


Pos 2

Eh awas jatuh!
Dari kedua pos ini kita bisa tahu bahwa ada makna penting tentang apa yang harus ada dalam organisasi. Apa saja kira-kira?

Hm, tentunya harus ada kepemimpinan, lalu kerja sama untuk menyelesaikan masalah dan mau mendengarkan saran karena organisasi bukan hanya terdiri dari satu orang. Melainkan banyak orang yang memiliki tujuan yang sama.

Lalu ada pos 3 yang memberikan tantangan kepada setiap kelompok yang terdiri dari 4-5 orang untuk tetap mempertahankan api yang berasal dari korek mulai dari orang pertama hingga orang terakhir agar dapat menyalakan lilin yang berada di ujung. (Kalau mati ditengah-tengah? Ulangi dari awal dong biar greget). Jika di pos pertama dan kedua kita belajar untuk mampu menyelesaikan masalah, di pos ketiga ini kita belajar bagaimana untuk tetap tenang, gigih, serta kerjasama dalam menghadapi masalah apapun. Termasuk masalah yang ada dalam organisasi.

Mendengarkan arahan

fokus?

Next, pos 4. Disini setiap kelompok boleh bernyanyi menyuarakan suara emasnya. Oh tenang, ini bukan pos pencarian bakat. Tapi di pos ini kita belajar untuk cinta tanah air dan mengenal kampus. Caranya? Mudah kok. Cukup dengan mampu menyanyikan lagu kebangsaan dan nasional serta mars STIE EKUITAS.

Pos 4

Menyiapkan suara...

Terakhir...
Pos 5, birokrasi. Pos ini memberikan pengetahuan mengenai rantai komando yang berada dalam organisasi dan bersifat administratif. Dimana setiap kelompok diberikan tugas untuk mencairkan dana proposal dari kegiatan mereka.


Pos 5





***



Menjelang malam....

Setelah membersihkan diri, lalu semuanya berkumpul di satu tempat karena sekarang..
Waktu nya makan!

Selamat makan!


Kegiatan malam ini kita isi dengan sharing tiap perkementrian. Kali ini setiap mahasiswa baru yang ada, boleh bertanya pada lebih dari satu kementrian untuk menambah pengetahuan mereka tentang bagaimana jalannya setiap kementrian yang ada di BEM.

Bermalam di daerah yang dingin tentu belum lengkap tanpa adanya api unggun. Yaps, ketika malam semakin larut kita semua berkumpul mengelilingi api unggun. Bukan untuk bakar-bakar jagung, tapi untuk berbagi nasihat dan pengalaman antar anggota BEM dengan para peserta Open House.

Mata sudah mulai lelah, saat nya istirahat mempersiapkan diri untuk kegiatan besok.

***

Hari kedua, ada satu kegiatan lagi dan kali ini setiap anggota BEM berkontribusi di dalam setiap kelompok. Kegiatan nya cukup menguras tenaga dan fokus untuk mencari 5 bendera yang tersebar di beberapa tempat. Siapa yang paling cepat mengumpulkan bendera, itulah pemenangnya.
Congratulation untuk juara 1 dan 2!

Menjelang siang, semua bersiap-siap untuk pulang.
Dan tidak lupa untuk berfoto bersama. Yak, cekrek sana cekrek sini.





***

Terimakasih untuk teman-teman yang sudah hadir dalam acara Open House BEM 2017. Organisasi bisa berarti tempat belajar maupun bergaul. Apapun itu, jadikan organisasimu tempat yang berkesan. 

Selalu ingat apa yang menjadi tujuan awal kalian masuk ke dalam suatu organisasi, apapun itu. Meskipun organisasi memiliki sistem organisasi yang baik, jika kebersamaan orang-orang didalamnya memudar, maka lambat laun organisasi tersebut juga akan ikut memudar. Jadi, jangan lupakan juga apa yang sudah kalian pelajari selama kegiatan ini khususnya tentang kerjasama dan komunikasi mendengarkan saran dari orang lain.

Semangat mahasiswa!


***


Source by
Google


KOMINFO 2017


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour