[Kajian BEM STIE EKUITAS] Etika Mahasiswa


Hallo para mahasiswa/i STIE EKUITAS!

Berbicara mengenai etika tentu kita sebagai mahasiswa sudah seharusnya mengetahui apa yang di maksud dari etika itu sendiri, karna lingkungan kita pada saat berada di kampus harus menggunakan etika baik itu dalam hal berbicara, menghubungi dosen, bahkan dalam menyikapi rumor-rumor yang ada di kampus pun kita harus beretika dalam menanggapinya.

Nah.. berkaitan dengan itu, Kementerian Luar Negeri (KEMENLU) BEM STIE EKUITAS pada hari Selasa tanggal 28 November lalu telah melakukan kajian yang membahas mengenai Etika Mahasiswa nih guys, mau tau apa saja yang mereka bahas? Yuk kita simak!

Pengertian Etika
Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq); kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq; nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1989)
Peranan Mahasiswa
Peranan etika bagi aktivitas mahasiswa yaitu menjadi landasan dalam melakukan kegiatan yang tetap mengacu atau melihat nilai-nilai dan norma-norma, sehingga segala perbuatan dan tingkah laku kita dapat diterima masyarakat.
Pengertian Mahasiswa

Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1989). Mahasiswa adalah sekumpulan manusia intelektual yang akan bermetamorfosa menjadi penerus tombak estafet pembangunan di setiap Negara, dengan itelegensinya diharapkan bisa mendobrak pilar-pilar kehampaan suatu negara dalam mencari kesempurnaan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta secara moril akan dituntut tanggung jawab akdemisnya dalam menghasilkan “buah karya” yang berguna bagi kehidupan lingkungan. 
Hak dan Kewajiban Mahasiswa
Berbicara tentang hak dan kewajiban, seorang mahasiswa terlebih dahulu harus melaksanakan kewajibannya dan kemudian mendapatkan haknya sebagai seorang mahasiswa. Mahasiswa sebagai kelompok terpenting dalam sebuah masyarakat memiliki kewajiban yaitu menuntut ilmu, menguasai ilmu dengan sungguh-sungguh agar menjadi seorang yang berguna yang mengaplikasikan atau mengembangkan disiplin ilmunya bagi lingkungan tempat dimana ia tinggal, mematuhi peraturan yang berlaku, sebuah perturan yang tidak menyimpang dari ketetapan hukum-hukum Allah dan nilai-nilai, norma-norma yang ada, selain itu mahasiswa juga harus memainkan peranan penting sebagai pencetus perubahan dan revolusi. Saidina Ali k.w.j. berkata: “Bukanlah orang muda yang hanya mengatakan: ‘Ayahku begini!’ tetapi orang muda adalah yang mengatakan: ‘Ini Aku!’”.
Kata-kata di atas memberikan semangat bahwa seorang mahasiswa seharusnya memiliki prinsip yang kuat, mampu melakukan perubahan dan berani menegakkan kata kebenaran di atas sebuah kemungkaran, selain itu mahasiswa juga wajib melaksanakn Tridarma Mahasiswa yaitu melakukan penelitian, pengabdian, dan pengajaran yang diawali dengan proses belajar yang sungguh-sungguh. Berbicara tentang kewajiban mahasiswa juga berhak mendapatkan hak yang diterimanya, yaitu mendapatkan perlakuan yang sama dari pendidik tanpa memandang status sosial dari mahasiswa tersebut, apakah mahasiswa tersebut berasal dari kalangan menengah atau dari kalangan menengah ke bawah, mendapatkan ilmu, menerima dan dapat menggunakan sarana dan prasarana yang ada, mengemukakan aspirasinya tetap dengan “sopan”, dan mendapatkan pencerahan agama sebagai penyeimbang dalam menjalani kehidupan.
  1. Lalu bagaimana cara untuk menciptakan etika mahasiswa yang baik?
  2. Bagaimana etika mahasiswa yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa?
Adapun beberapa point penting dari kajian ini yaitu :
  • Kita (mahasiswa) sebagai penerus bangsa seharusnya mengikuti aturan yang berlaku
  • Apabila ingin mengungkapkan aspirasi sebaiknya dengan tata cara yang baik dan sopan
  • Memelihara fasilitas yang ada di kampus dengan baik
  • Sebagai mahasiswa harus memiliki pemikiran intelektual dan juga kritis
  • Mahasiswa harus mencontohkan perilaku yang baik
Nah itu dia guys beberapa point penting yang bisa kita ambil dari kajian ini. Semoga bermanfaat dan juga membuka pikiran kalian untuk menjadi mahasiswa yang beretika dan menjadi lebih baik lagi. Apakah fungsi kita sebagai mahasiswa sudah dilakukan? Apakah masyarakat sudah terbantu dengan adanya kita? Coba tanyakan itu pada diri kalian masing-masing😀




"Karena apapun yang kita lakukan demi Tuhan, Bangsa dan Almamater, Sinergis untuk negeri"


KOMINFO 2017✊✊✊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour