Nilai Tukar Rupiah terhadap dollar Amerika merosot?
Apa yang bisa dilakukan mahasiswa???


Generasi milenial kali ini tengah hangat memperbincangkan kemerosotan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat yang hampir mencapai Rp.15.000,00. Perlukah kita mempermasalahkannya? Apa yang harus kita lakukan? Apakah nilai tukar rupiah saat ini wajar?Kita sebagai anak muda sudah sepatutnya merasa khawatir akan kondisi ekonomi Indonesia saat ini.
Banyak masyarakat yang memandang nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat yang besarnya mendekati angka Rp.15.000,00 itu tidak wajar. Mengapa demikian?? Menurut Firmanzah, sumber kekhawatiran ketika dollar menembus angka Rp.15.000,00 lebih bersifat psikologis, sehingga angka Rp.15.000,00 itu pun dijadikan patokan. Kemerosotan nilai tukar rupiah kali ini memang lebih didominasi dari faktor eksternal, misalnya krisis ekonomi di Argentia, Turki, Afrika Selatan dan Venezuela. Faktor lain yang menyebabkan merosotnya nilai tukar rupiah, yaitu Amerika Serikat meningkatkan suku bunga dan pajak, sehingga mempengaruhi perekonomian di Negara berkembang seperti Indonesia. Apalagi ditambah dengan Indonesia yang  mengalami defisit perdagangan bebrapa tahun terakhir ini.
Namun kita tak perlu terlalu khawatir, karena keadaan perokonomian di Indonesia sebenranya tidak seburuk itu. Banyaknya UMKM dan industri kreatif yang mulai menghiasi kancah perekonomian Indonesia bisa menjadi salah satu solusi untuk menangani hal ini. Bisnis  yang sedang marak digandrungi  di Indonesia, salah satunya yaitu berada pada sektor kuliner, dimana banyak generasi muda khusunya mahasiswa yang mulai mencoba mengembangkan potensinya dalam dunia bisnis dengan mengembangkan kreativitas dan inovasinya pada berbagai produk kuliner. Sehingga generasi muda khusunya mahasiswa memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.
Selain dalam sektor kuliner, sektor pariwisata juga sedang digandrungi oleh generasi millenial, misalnya banyak generasi muda yang membuat bisinis pariwisata yang “kekinian” misalnya tempat wisata yang menyuguhkan arena swafoto yang sedang digandrungi generasi milenial. Apalagi anak muda zaman sekarang memiliki daya eksistensi yang tinggi, maka  usaha ini memiliki banyak peluang untuk memulai bisnis.
Satu hal yang tak luput dari usaha yang tengah digandrungi anak muda sekarang, yaitu bisnis online. Hal ini juga berkaitan dengan besarnya daya beli masyarakat melalui online shop. Produk yang ditawarkan pun beraneka ragam, dari mulai yang bisnis kecil-kecilan seperti bisinis kuliner via online sampai jual beli yang memiliki nilai yang besar seperti jual beli produk elektronik. Dan tak sedikit pula masyarakat yang mampu menjajakan produknya untuk di ekspor ke luar negeri.
Hal-hal diatas tentulah sangat membantu dalam perekonomian bangsa Indonesia saat ini. Dengan kita selalu mengembangkan potensi yang ada di dalam generasi muda , dan selalu mencintai produk lokal dapat menumbuhkembangkan perekonomian di Indonesia. bila perlu kita harus mengurangi impor dan berusaha untuk menngkatkan ekspor untuk bisa bertahan dalam nilai rupiah yang makin merosot.
Kita sebagai mahasiswa patut menjadi roda pergerakan ekonomi Indonesia dengan menciptakan perekonomian Indonesia yang mandiri, kreatif, inovatif, dan memiliki daya saing.

Sumber bahan materi : https://www.vice.com/id_id/article/8xbwbp/ini-panduan-ekonom-agar-anak-muda-lebih-jernih-memahami-pelemahan-rupiah-jadi-rp15-ribu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour