Artikel ( Genjot Kualitas Pertanian, Pemkab Bandung Bangun Laboratorium )

Genjot Kualitas Pertanian, Pemkab Bandung Bangun Laboratorium

Bisnis-jabar.com, SOREANG–Untuk meningkatkan kualitas produk pertaniaan asal Kab Bandung, pemda setempat bersikeras untuk membangunan laboratorium mandiri.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan dengan memiliki sendiri lab pertanian bisa leluasa melakukan penelitian terhadap berbagai tanaman. Sehingga, menghasilkan tanaman unggulan.

“Teh putih sekarang mulai diplasma kan oleh para petani. Untuk kemasan, kami juga akan menyiapkan rumah kemasan. Agar kemasannya lebih menarik, lalu ditunjang oleh promosi dan pemasaran yang baik,” katanya, kepada wartawan, Jumat (18/10).

Menurut dia, selama ini banyak produk pertanian unggulan Kab Bandung tidak diketahui masyarakat luas. Padahal komoditi tersebut telah menjadi komoditi ekspor ke sejumlah negara seperti Inggris dan negara Asia lainnya.


Salah satu produk hortikultura yang telah menjadi komoditi ekspor itu a.l teh putih dan beras organik Ciparay.

Tentu saja untuk mendukung upaya tersebut, perlunya pemasaran dan promosi dari para pelaku usaha. Karena, tanpa dukungan para pelaku usaha, upaya tersebut akan berjalan lambat.

Selain itu, koordinasi antar instansi yang ada di Kab Bandung seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Perikanan dan beberapa instansi terkait lainnya.

“Dengan kata lain semua pihak harus ambil bagian. Terutama hal ini harus diserahkan kepada para pelaku yang memang memahaminya,” ujarnya.


by

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour