masalah serius jika remaja merokok


Masalah Serius Jika Remaja Merokok


anakmerokok-300x224 
Belakangan ini perokok peumula banyak didominasi oleh kalangan remaja. Dimana usia remaja adalah usia yang labil, banyak remaja yang gampang terpengaruh untuk merokok karena gencarnya iklan rokok dimedia. Ini yang menyebabkan seseorang remaja muda yang tadinya tidak merokok ketika melihat dan mulai terpengaruh iklan rokok dia mulai mengkomsumsi rokok.

Tanpa sadar Infomarsi yang diterima ini akan masuk ke alam bawah sadar yang kemungkinan besar dapat mempengaruhi perilaku sehari-hari remaja. Merokok pada saat usia remaja membuatnya sangat berisiko terkena masalah kesehatan yang serius karena masih berada pada usia pertumbuhan. Rokok tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan pada tingkat fisik namun juga emosionalnya.
Para ahli mengungkapkan risiko yang terjadi pada remaja yang merokok jauh lebih buruk dibanding dengan orang dewasa yang merokok.

Berikut ini beberapa masalah yang bisa muncul jika remaja merokok :


1. Mengganggu performa di sekolah
Remaja yang merokok akan mengalami penurunan dalam nilai olahraganya karena tidak bisa berjalan jauh atau berlari cepat seperti sebelum merokok.

2. Perkembangan paru-paru terganggu
Tubuh berkembang pada tahap pertumbuhannya, dan jika seseorang merokok pada periode ini bisa mengganggu perkembangan paru-parunya.
Terlebih jika remaja merokok setiap hari maka bisa membuatnya sesak napas, serta batuk yang terus menerus, dahak berlebihan dan lebih mudah terkena pilek berkali-kali.

3. Lebih sulit sembuh saat sakit
Ketika remaja sakit maka mereka akan lebih sulit baginya untuk bisa kembali sehat seperti semula karena rokok mempengaruhi sistem imun di dalam tubuh.
Rokok ini juga memicu masalah jantung di usia muda serta mengurangi kekuatan tulang.

4. Kecanduan
Remaja yang merokok cenderung jauh lebih mungkin menjadi kecanduan terhadap nikotin yang membuatnya lebih sulit untuk berhenti.
Saat ia memutuskan untuk berhenti merokok, mka gejala penarikan seperti depresi, insomnia, mudah marah dan masalah mentalnya bisa berdampak negatif pada kinerja sekolah serta perilakunya.

5. Terlihat lebih tua dari usianya
Orang yang mulai merokok di usia muda akan mengalami proses penuaan lebih cepat, ia akan memiliki garis-garis di wajah serya kulit lebih kering sehingga penampilannya akan lebih tua dibanding usianya. Selain itu rokok juga membuat remaja memiliki jerawat atau masalah kulit lainnya, serta gigi yang kuning.

Remaja yang merokok dapat menyebabkan turunnya daya tahan tubuh dan tidak terlihat sehat seperti remaja itu sebelum merokok, karena sistem imun dalam tubuh sudah terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok. Mungkin ada baiknya kamu yang belum merokok untuk tidak mencoba merokok dan kamu yang sudah merokok mulai hidup sehat berhenti merokok dari sekarang.


by Aldin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Orang dalam Berorganisasi

Ekuitas Rooms Tour